Jumat, 13 September 2013

Ketagihan Cokelat Tapi Tak Mau Sakit Karenanya? Coba Cara Ampuh Ini

Jakarta, Permen, cupcake dan cokelat memang rentan membuat orang yang sering mengonsumsinya menjadi ketagihan. Di sisi lain ketagihan makanan manis pasti menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Jika tak ingin hal itu terjadi, cara mudah dan murah untuk mengatasinya adalah olahraga.


Sebuah studi baru dari Inggris mengatakan ketagihan cokelat dapat diatasi dengan berolahraga, meski hanya sebentar seperti lari.

Untuk membuktikannya, peneliti mencoba melarang sejumlah penggemar cokelat agar tidak mengonsumsi makanan kesukaan mereka selama dua hari. Setelah itu mereka diminta duduk diam atau lari jarak pendek.

Hasilnya, partisipan yang hanya duduk masih bisa melahap permen dan cokelat yang disajikan dua kali sama banyaknya dengan porsi makana manis sebelum 'berpuasa' selama dua hari.

Apa yang terjadi? "Olahraga dapat melemahkan berbagai gejala stres seperti ketegangan, kebosanan serta kelelahan sehingga mereka takkan lagi ketagihan cokelat yang biasanya dijadikan salah satu sarana untuk menanggulangi stres (comfort eating)," terang salah satu peneliti Hwajung Oh, Ph.D. seperti dilansirMen's Health, Jumat (13/9/2013).

Menurut Oh, hal ini bisa juga dikarenakan memusatkan konsentrasi pada olahraga dapat menekan hasrat dan pikiran Anda tentang cokelat, termasuk ketertarikan Anda terhadap makanan manis.

Agar tak lagi kecanduan cokelat, pilih saja jenis olahraga yang ringan dan tak makan banyak waktu. "Aktivitas fisik yang singkat dalam sehari, misalnya jalan kaki selama 10-15 menit dapat membantu meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengendalikan dirinya sehingga Anda tak mudah terjerat ketika dihadapkan pada godaan," pungkas Oh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . NEKSTYLE ENTERTAINMENT - Posts · Comments
Blog SederhanaNEKSTYLE ENTERTAINMENT · Di Desain Oleh Pemuda Galih Candra Pratama
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Blogg Sederhana INI. SEMOGA BERMANFAAT..... ^_^