Jumat, 13 September 2013

Akhirnya! Gen Penentu Seseorang Bakal Kidal atau Tidak Ditemukan

Jakarta, Selama bertahun-tahun para ilmuwan percaya mengapa seseorang cenderung menggunakan salah satu dari kedua tangannya, entah itu tangan kanan atau tangan kiri alias kidal itu adalah karena faktor genetik. Tapi sampai sekarang gen apa yang berada di balik ini masih belum ditemukan.


Hingga akhirnya sebuah studi berhasil menemukan jaringan gen yang bertanggung jawab untuk menentukan tangan mana yang cenderung digunakan seseorang (handedness). Temuan ini diperoleh sekelompok peneliti dari University of Oxford, University of St. Andrews, Bristol University dan Max Plank Institute, Nijmegen, Belanda.

Bahkan peneliti juga menemukan bahwa jaringan gen itu ikut menentukan perbedaan otak kiri dan otak kanan manusia, yang pada akhirnya mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk memilih tangan mana yang paling sering ia gunakan, ketika embrionya sedang berkembang.

"Gen-gen ini terlibat dalam sebuah proses biologis ketika sebuah embrio berubah dari segumpal sel menjadi sebuah organisme yang tumbuh dengan dua sisi kanan dan kiri yang berbeda, seperti otak maupun kecenderungan tangan yang digunakan," terang salah satu peneliti dari Oxford, William Brandler seperti dilansir Daily Mail, Jumat (13/9/2013).

Untuk menemukan jaringan gen tersebut, peneliti melakukan studi asosiasi genome agar dapat mengidentifikasi berbagai varian gen yang bisa saja berkorelasi dengan kecenderungan seseorang untuk memakai tangan tertentu (handedness).

Ternyata yang peneliti dapatkan, varian gen yang kaitannya paling kuat dengan kecenderungan penggunaan tangan tertentu pada manusia (handedness) terletak pada gen PCSK6, yang sudah lebih dulu terlibat dalam proses penentuan kecenderungan optimalisasi bagian tubuh kanan dan kiri ketika masih berbentuk embrio.

Temuan ini hampir senada dengan studi-studi sebelumnya pada tikus, di mana ketika peneliti berupaya mengganggu kinerja varian gen PCSK6 maka hasilnya terjadilah cacat ‘left-right asymmetry', misalnya posisi organ tubuh yang tak normal, seperti jantung dan perut di sisi kanan dan hati di sisi kiri.

Kendati begitu, Brandler memperingatkan meski jaringan gen ini memainkan peranan penting dalam menentukan kecenderungan seseorang untuk menggunakan tangan tertentu (handedness), karena peneliti percaya ini bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi.

"Seperti halnya dalam berbagai aspek perilaku manusia, nature dan nurture itu berjalan beriringan. Bisa jadi kecenderungan seseorang untuk menggunakan tangan kanan atau kiri berasal dari perpaduan antara gen, lingkungan dan mungkin tekanan budaya untuk mengutamakan tangan kanan," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . NEKSTYLE ENTERTAINMENT - Posts · Comments
Blog SederhanaNEKSTYLE ENTERTAINMENT · Di Desain Oleh Pemuda Galih Candra Pratama
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Blogg Sederhana INI. SEMOGA BERMANFAAT..... ^_^